Kamis, 05 Mei 2011

Lomba Blog Guru, Menyemai Budaya Guru Go-Blog di Kudus


BUDAYA GURU GO-BLOG:
Membudayakan ngeblog di kalangan guru
meningkatkan kompetensi guru dalam
menjalani profesinya.

(gambar dari ipapembelajaran wordpress.com) 

Baru saja, sore tadi (5/5), beberapa guru di Kudus, negeri dan swasta, yang suka ngeblog selesai mengikuti Lomba Blog Guru. Lomba Blog Guru yang diadakan dalam rangka mengisi momen Hari Pendidikan Nasional dan Pencanangan Melek Teknologi, di samping ada acara-acara yang lain, dilaksanakan di Kampus Universitas Muria Kudus (UMK). Lomba Blog Guru dan acara-acara (lomba) yang lain yang masih terkait dengan seluk-beluk keinternetan, pada puncaknya akan digelar acara akbar, yakni Ngenet Sehat Bareng Kang Mus, Minggu (8/5) besok. Yang rencananya akan diikuti oleh 2500 orang dan karenanya akan dicatat masuk rekor MURI.

Peserta Lomba Blog Guru, itu ternyata tidak semuanya penyuka blog sejak lama. Ada yang memang suka ngeblog sejak lama, tetapi ada juga yang ngeblognya baru kali ini karena (memang) ada Lomba Blog. Itu terlihat ketika setiap peserta memresentasikan blog karyanya di depan para juri dan peserta lain. Karena telah lamanya ngeblog, ada peserta yang begitu menguasai aplikasi dalam perblogan. Sangat terampil dalam memaparkan karya blognya, baik bentuknya maupun kontennya. Akan tetapi, ada juga peserta yang masih jauh dari bisa dalam ngeblog sehingga saat presentasi terlihat agak kikuk. Tetapi, bagi saya, teman-teman guru yang mulai mau mengenal blog penting untuk saya acungi dua jempol. Saya salut.

Sebab, mereka adalah guru-guru yang termasuk mau melek teknologi, sekalipun dalam hal ngeblog. Memanfaatkan sarana teknologi dalam beraktivitas ngeblog tidak ada ruginya. Bahkan, kata salah satu peserta (dalam bagian presentasinya), ngeblog dapat dipakai untuk menambah hasil sampingan di samping berprofesi sebagai guru. Melalui ngeblog itu, ia (sendiri) mengakui telah merasakan hasilnya sekalipun sekadar untuk membayar langganan internet. Itu lebih baik karena kebutuhan biaya ngenet dapat dicukupi dari hasil ngenet itu. Jadi, tidak keluar biaya dari kantong sendiri, yang barangkali hasil dari mengurangi jatah dapur.

Sekalipun belum sampai ke ranah itu (menghasilkan uang), bagi saya, ngeblog merupakan aktivitas yang bermanfaat, tidak hanya sebagai media berbagi pengalaman, tetapi juga sebagai wahana untuk memertajam kepekaan batin dan pikiran.  Semua tulisan yang terposting bukankah merupakan hasil renungan dan proses  berpikir terlebih dahulu? Jadi, dengan senang ngeblog, sedikit demi sedikit, pengeblog akan terarah pada taraf perenungan dan pemikiran yang lebih arif. Maka, tidak perlu terkejut, jika suatu ketika ada pengeblog yang kemudian dapat menjadi penulis terkenal, motivator termasyur, penceramah terhebat, dan sebagainya dan sebagainya.

Itulah sebabnya, saya berpikir, apa tidak lebih baiknya, Lomba Blog Guru di Kudus yang telah usai dilaksanakan itu, dijadikan sebagai wahana penyemaian guru go-blog di Kudus. Paling tidak, para peserta lomba dapat menjadi pionernya. Karenanya, saya rindu teman-teman guru, peserta Lomba Blog Guru membentuk komunitas blogger. Sekalipun, pada akhirnya nanti tidak hanya guru yang bergabung, dan itu memang harapan saya dan beberapa peserta lomba yang lain, paling tidak, gurulah yang menjadi perintis dan pengembang.

Inilah teman-teman guru yang patut diacungi dua jempol karena di antara mereka ini, telah memulai “jatuh cinta” pada aktivitas ngeblog, yang dibuktikan dengan kemantapannya mengikuti Lomba Blog Guru kali ini. Semoga “jatuh cintanya” semakin penuh gairah. Dan, siap menjadi pioner guru go-blog di Kudus. Bagaimana?

Ahmad Syaifudin A (SMP 2 Undaan Kudus), Riza Yoga D, S.Pd. (SMP 1 Kaliwungu Kudus), Giri handoko (SMP 1 Undaan Kudus), Lukman, S.Pd. (SMK Muhammadiyah Kudus), Muh. Nurul Amin, S.H.I (MA NU Ibtidaul Falah), Tenti Anita Aries, S.Pd. (SMP 1 Gebog), Muhammad Noor Ahsin, S.Pd. (MA NU TBS Kudus), Sujimat, S.Pd. (SMP 1 Jekulo Kudus), Nurul Hilal Ayyidar, S.Pd. (SMK NU Ma’arif 2 Kudus), Nanang Naharuddin Ahmad (SMP 3 Jekulo), Khofiyanida (MA NU Banat Kudus), Imam Janzuli (SMK Wisudha Karya Kudus), Alif Nur Rohman ( MTs NU Ibtidaul Falah), Fran Kurniawan Nugroho (SMA 2 Kudus), Nurul Khoiriyah (Mts NU Banat Kudus), Dhanang Hery W (SMK Cordova Pati), Purbawati Dwiyuningsih, S.Si (MTs NU Banat Kudus), Abdul Ghoffar Isma’il (SMA 1 Kudus).

5 komentar:

  1. mudah2an para guru juga rajin2 ngeblognya...

    BalasHapus
  2. Lomba Blog juga tho.. sukses yaa yang Tua aja bisa apalagi yang muda.. Ayo ngeblog

    BalasHapus
  3. Wah, keren... Semangat terus.. terus semangat!

    BalasHapus
  4. Assalamu'alaikum..... ikut nimbrung di sini.. :)

    BalasHapus
  5. Kapan ya ada lomba seperti ini di daerah kami :(

    BalasHapus

""