Senin, 03 Oktober 2011

HUT Ke-64 SMP 1 Jati, Dimeriahkan dengan Berbagai Kegiatan


Dalam rangka HUT ke-64 SMP 1 Jati, Kudus, dua hari, Jumat (30/9) dan Sabtu (1/10), di beberapa area di SMP 1 Jati, Kudus, dipenuhi kegiatan. Baik kegiatan bidang akademik maupun nonakademik. Kegiatan itu di antaranya, sepak bola mini, membaca geguritan, solo vokal, pidato bahasa Indonesia dan Inggris, dan mata pelajaran (mapel) IPA dan Matematika.   

Kegiatan yang dilombakan itu diperuntukkan bagi peserta didik SD dan MI se-Kecamatan Jati, Kudus. Pesertanya, baik dari SD maupun MI, relatif banyak. Sehingga kegiatan yang ditargetkan selama dua hari itu cukup padat. Pelaksanaannya dimulai pagi hingga siang, bersamaan anak-anak pulang sekolah.

Bahkan, jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan, panitia mendapat berbagai masukan dari luar Kecamatan Jati, tepatnya SD atau MI di luar Kecamatan Jati, yang memiliki minat untuk megikuti even tersebut. Hanya, karena dari awal panitia memang hanya membatasi peserta, yakni yang berada di wilayah Kecamatan Jati, masukan tersebut menjadi perhatian penting untuk kegiatan serupa mendatang.

Seluruh jenis lomba yang dibuka dipenuhi peserta. Masing-masing SD atau MI mengikuti hampir seluruh jenis lomba yang ada. Dengan demikian, selama dua hari itu, di lingkungan SMP 1 Jati, Kudus, banyak dijumpai anak-anak SD dan MI. Mereka pun secara tidak langsung mengenal kondisi SMP 1 Jati, Kudus. Melalui even lomba demikian dapat digunakan untuk memasyarakatkan sekolah kepada masyarakat pelajar.  

Dari kegiatan lomba tersebut dapat diketahui berbagai kecerdasan yang dimiliki peserta. Ada yang cerdas di bidang akademik, ada yang di bidang nonakademik. Semua peserta memiliki potensi kecerdasan dalam bidangnya masing-masing. Semua potensi kecerdasan itu masih dapat digali lebih dalam lagi. Sehingga dimungkinkan mereka dapat menghasilkan kompetensi yang unggul dalam bidang masing-masing. Hanya, karena panitia telah menetapkan ada tiga pemenang dari masing-masing jenis lomba, maka sekalipun banyak peserta yang berpotensi, tetap ditentukan tiga pemenang. Tiga pemenang dari masing-masing jenis lomba diberi penghargaan, baik trofi maupun piagam. 

Kegiatan yang diadakan tidak hanya diperuntukkan bagi masyarakat luar sekolah. Tetapi, ada juga kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik SMP 1 Jati, Kudus. Selama dua hari tersebut, para siswa diberi kesempatan untuk mengadakan bazar. Barang-barang yang dibazarkan boleh berupa makanan atau produk lainnya, yang tentu saja masih sangat erat hubungannya dengan kepentingan-kepentingan anak sebagai pelajar. Hanya, selama dalam pantauan dua hari itu, barang yang dibazarkan lebih didominasi jenis makanan. Hal tersebut tampaknya disebabkan oleh “keberhasilan” di hari pertama.

Pada bazar hari pertama, makanan lebih habis dahulu dibanding produk lain selain makanan.  Bahkan, beberapa ada yang tidak laku. Itulah sebabnya, pada hari kedua, barang yang dibazarkan berupa makanan. Jenis es yang paling banyak. Dan jenis itu memang cepat habis.

Dalam bazar, anak-anak dapat mempraktikkan berbagai teori yang dipelajari di kelas. Baik itu, bahasa, hitung-hitungan, kerja sama, kejujuran, tanggung jawab, maupun nilai-nilai sikap yang lain. Sehingga lewat bazar, sejatinya peserta didik pun mengikuti proses pembelajaran. Bahkan proses pembelajaran yang demikian boleh dibilang sebagai pembelajaran yang komprehensif. Karena anak-anak belajar semua aspek, baik aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Proses pembelajaran yang lebih sempurna karena anak-anak mengaplikasikan teori dalam praktik keseharian.

Di samping bazar, kegiatan yang dikuti oleh warga SMP 1 Jati, Kudus, adalah jalan santai. Kegiatan olahraga itu diadakan Kamis (29/9), yang melibatkan seluruh keluarga besar SMP 1 Jati, Kudus, dari kalangan peserta didik, karyawan, guru, hingga kepala sekolah. Ada banyak dorpres yang disediakan, baik yang hiburan maupun utama. Hadiah utama, dua sepeda. Semua hadiah itu hanya diperuntukkan bagi peserta didik. Tidak untuk karyawan, guru, dan kepala sekolah. Sebagai pelengkap, lomba kebersihan dan kerapian kelas pun diadakan. SELAMAT DAN SUKSES, SAJAKU (Satu Jati Kudus)!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

""