Rabu, 15 Februari 2012

Berkat Kepedulian Teman-teman


Ketika seseorang sedang menghadapi masalah dan sulit keluar dari masalah tersebut, paling tidak ada dua kemungkinan yang terjadi. Pertama, putus asa. Yang, mengakibatkan seseorang tidak mau beraktivitas lagi. Seluruh semangat yang dulu pernah berkibar, dapat luruh serupa bendera di tiangnya yang basah kuyup terkena hujan. Tidak ada gairah aktivitas sama sekali. Sehingga apa yang dimiliki, yang sebenarnya dapat ditumbuhkembangkan, menjadi berbalik arah: mati! Jelas ini sebuah petaka yang tentu saja tidak diinginkan oleh siapa saja, kecuali si dia yang berputus asa. Karena putus asa lebih dekat dengan “kehilangan kesadaran”, seseorang yang demikian tidak ambil pusing ketika sedang memilih tindakannya. Ya terjadi ya terjadilah. Baru kemudian setelah sebuah “kematian” itu benar-benar ada, umumnya terjadi penyesalan. Buat apa kalau nasi sudah menjadi bubur. Tidak mungkin dikembalikan ke nasi bukan? Ia tetap menjadi bubur.

Kedua, mencari bantuan ke sana ke mari. Sekalipun berulang-ulang ada bantuan, tapi ketika bantuan itu diterapkan tidak mempan, seseorang tersebut akan terus mencari bantuan. Barangkali tidak merasa malu oleh karena ingin ada “perubahan”. Modal “tidak merasa malu” dalam konteks mencari bantuan untuk “kebaikan” saya pikir baik-baik saja. Justru, sepertinya, perlu dibudayakan. Buat apa malu kalau tujuannya baik, untuk sebuah pertumbuhan, misalnya. “Malu”, dalam hal demikian, kalau dipelihara terus justru akan mengerdilkan cita-cita. Yang, sesuai dengan sebuah peribahasa, yaitu “malu bertanya sesat di jalan”
Jika sudah tersesat, problema malah semakin berat dan rumit. Yang bukan mustahil semua itu akan mengganggu proses yang sedang berjalan. Sekalipun proses yang sedang berlangsung itu lamban, tapi hal itu lebih baik daripada tidak ada proses sama sekali. Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit bukan? Tidak ada suatu kesuksesan secara mendadak. Pastilah berangkat dari sedikit-sedikit itu. Kalau sedikit-sedikit itu ditekuni sembari bertanya ke sana ke mari sebagai pengayaan diri, menurut orang bijak bestari,  lama-lama akan sukses/berhasil.  

Maka, mencari bantuan itu sesuatu yang wajar. Apalagi menyadari bahwa dirinya tidak memiliki kemampuan, di sisi lain memiliki keinginan untuk berkembang. Petunjuk atau pertolongan, dengan demikian, penting keberadaannya. Dan, banyak membuktikan bahwa perkumpulan/komunitas menjadi media yang mudah untuk menemukan bantuan. Menjadi bagian dari sebuah komunitas membuka kemudahan mencari bantuan. Karena barangkali tetap berartinya sebuah penghayatan bahwa dalam satu tubuh jika salah satu bagian tubuh sakit, bagian yang lain turut merasakan sakit.
Bergabung dalam grup Blogger Guru Indonesia, saya merasakan adanya hal itu. Ketika blog ini tampil kurang wajar, saya berkeluh kesah. Keluh kesah saya itu saya tuliskan di status grup Blogger Guru Indonesia. Keluhan yang saya publikasikan lewat komunitas itu, ternyata begitu cepat mendapat tanggapan dari berbagai pihak, terutama teman-teman dalam grup. Ini buktinya.   

Saya hampir-hampir prustasi untuk menulis di blog. Gara-gara blog saya selalu muncul dobel posting setiap saya memposting tulisan. Padahal, saya sudah mengutak-ngatik kode (bahasa programnya) berdasarkan ilmu yang saya dapatkan dari tutorial teman-teman blogger. Hingga, kini, nyatanya belum dapat berhasil. Masih saja dobel posting. Gemes (Jw, benci) saya! Tolong, Pak/Bu, saya dibantu agar tak jadi prustasi.....
Suka · · Berhenti Mengikuti Kiriman · 11 Februari pukul 0:33

2 orang menyukai ini.

Sigit Suryono alamat blog bapak apa? siapa tau kami bisa bisa melihat dan jika bisa membantu sedikit trouble bapak...
11 Februari pukul 4:38 · Tidak Suka · 1
Arsyad Riyadi apik tenan
11 Februari pukul 6:09 · Tidak Suka · 1
Arif Roby Ismanto silahkan share di sini kita saling berbagi. Atau kalau perlu via chat
11 Februari pukul 10:17 · Tidak Suka · 1
sungkowoastro.blogspot.com
11 Februari pukul 11:54 · Suka ·
ruumit.blogspot.com
© 2010 Inventarisasi Tutorial, Berita, dan Tips Permasalahan IT All Rights Rese...Lihat Selengkapnya
11 Februari pukul 12:08 · Tidak Suka · 1
Sungkowo Astro Pak Arif, cara itu sudah saya lakukan. Tapi, masih saja tak membuahkan hasil. Ada cara lain, Pak? Terima kasih.
11 Februari pukul 13:36 · Suka
Hotland RA Siagian jangan mau prustasi pak.....kita cari solosinya utk menyelesaikannya .
11 Februari pukul 13:44 · Tidak Suka · 1
Sukajiyah Bu'e Shulha Blognya keren pak Sungkowo Astro, iya kelihatan double posting.
mungkin pak Fauzan A Mahanani atau pak Agung Sulistyo bisa bantu? sekalian buat pembelajaran bagi blogger lain. Kasusnya unik..
11 Februari pukul 16:37 · Tidak Suka · 1
Arif Roby Ismanto luar biasa... jd penasaran. Boleh saya dikirimi Script Templatenya pak Sungkowo Astro ? email : arifroby@gmail.com
11 Februari pukul 17:40 · Tidak Suka · 1
Fauzan A Mahanani ini masalahnya memang di template yang doble bukan potingnya yang jadi 2.. coba di cari di template kata --> type='Blog' <--- jumlahnya ada berapa ? kalau type='Blog ada lebih dari 1 maka akan terlihat seperti double post
11 Februari pukul 19:37 · Tidak Suka · 2
Fauzan A Mahanani sy coba komen dan lihat (view source) sungkowoastro.blogspot.com ternyata kode type='Blog' memang ada 2 pak... yaitu id='Blog1' dan id='Blog2' nah yang id='Blog2' di hapus mulai dari perintah di hapus .. setelah itu simpan templete.. kalau muncul peringatan.. pilih hapus..
11 Februari pukul 19:49 · Tidak Suka · 4
Misterr Mung hmmm.... keliatanya memang ada type blog1 dan blog2, coba hapus salah satu di edit html templatenya, seharsnya udah beres. tp kalau ud pernah di coba cara itu dan gk berhasil, mending coba install ulang saja templatenya dg template yg sama tapi yg blm di edit2. :)
11 Februari pukul 19:50 · Suka
Slamet Widiantoro Jd pengalaman...hrs di download dulu tuh template..jika mau di obrak2 abrik..ndak repot..pengalaman pribadi.com...kdng terus males..
11 Februari pukul 20:16 melalui seluler · Tidak Suka · 2
Yati Kurniawati Yap Sempat dapat pengalaman serupa, dobel posting, gara-gara pakai template bukan bawaan blogger, nampaknya oleh blogger kode-kodenya digabung.
11 Februari pukul 20:44 · Tidak Suka · 1
Muhaimin Wae itu jelas templatenya pak? rasanya dulu saya pernah juga seperti itu. ganti aja beres, dari pada prustasi.
11 Februari pukul 21:05 melalui seluler · Tidak Suka · 1
Sungkowo Astro Seperti yang disarankan Pak Fauzan sudah saya lakukan sejak beberapa waktu lalu karena di tutorial yang saya temukan persis yang disarankan Pak Fauzan. Ini tadi saran Pak Fauzan saya lakukan. Hasilnya muncul galat seperti ini, Galat saat mengurai XML, baris 2889, kolom 3: The element type "b:section" must be terminated by the matching end-tag "". Saran Pak Muhaimin juga sudah saya lakukan. Di template yang baru sama saja, muncul dobel posting. Tapi, saran Misterr Mung belum sempat saya lakukan. Terima kasih teman-teman telah memberi dukungan yang membangun semangat. Salam Blogger Guru Indonesia!
Minggu pukul 17:39 · Suka
Fauzan A Mahanani pak Sungkowo Astro kembalikan ke template dasar blogger trus hapus semua widget
Senin pukul 4:53 · Suka
Arif Roby Ismanto pak Sungkowo Astro blog ini saya buat pakai template dari Bapak, setelah saya hapus http://arofailm.blogspot.com/
arofailm.blogspot.com
Senin pukul 8:59 · Suka
Arif Roby Ismanto template sudah saya kirim via email pak Sungkowo Astro semoga dapat memecahkan masalah.
Senin pukul 9:06 · Tidak Suka · 1
Agung Sulistyo wes ono mastere...
Senin pukul 9:06 · Tidak Suka · 1
Sungkowo Astro Terima kasih, Pak. Saran panjenengan akan saya coba. Ke TKP, ah...
Senin pukul 15:15 · Suka
Sungkowo Astro Sudah saya download template yang Pak Arif edit. Lantas, saya lakukan sesuai saran yang ada. Tapi saat saya hapus ID blog2 (sesuai dengan saran tsb), setelah saya klik "Simpan Template", yang muncul justru galat seperti ini, Pak: Galat saat mengurai XML, baris 2801, kolom 3: The element type "b:section" must be terminated by the matching end-tag "". Apa yang harus saya lakukan? Terima kasih.
Senin pukul 16:05 · Suka
Arif Roby Ismanto mungkin bapak salah ambil templatenya pak. Ada di Lampiran email yg sudah saya edit tinggal pasang tak perlu edit lagi. Dan template itu hanya sampai 2213 baris. tidak sampai 2801 atau selebihnya. kemungkinan yang bapak pasang/ambil masih template bapak yang belum saya edit. Buktinya template itu bisa berjalan tanpa error di blog saya di atas. teliti lagi pak. smg makin semangat !!!
Senin pukul 20:11 · Suka
Sungkowo Astro Barangkali ketelitian saya memang kurang mantap, Pak. Hanya, yang saya yakin bahwa template editan Panjenengan sudah saya gunakan dibuktikan dengan adanya perubahan di beberapa bagian "tampilan" blog saya, misalnya "Hari, tanggal, bulan, dan tahun posting" berbeda dari yang sebelumnya. Tapi kok belum bisa menghilangkan yang dobel post, ya Pak. Maaf, saya teramat bodoh dalam hal ini, Pak, jadi selalu memecah konsentrasi Bapak. Terima kasih.
Kemarin jam 5:22 · Suka
Isnaini Shaleh ato jgn2 wktu ngeditnya HTMLnya ga diconteng #tulisan apa ya lupa.
Kemarin jam 5:50 melalui seluler · Tidak Suka · 1
Sungkowo Astro Pak Isnaini, saya tidak ngedit template yang telah diedit oleh Pak Arif. Saya tinggal download saja kiriman (Pak Arif) template itu lewat email saya, lantas saya pasang. Dan, ternyata, perubahan yang saya harapkan, belum terkabul. Padahal, kata Pak Arif (dan saya sendiri mengunjungi) blog milik Pak Arif, dengan template yang sama persis dengan template saya itu, blog Pak arif sangat sempurna. Terima kasih atas atensi Pak Isnaini.
Kemarin jam 7:43 · Suka
Isnaini Shaleh itu juga mesti diconteng pak, wlaupun cuma utk upload templatenya
Kemarin jam 7:45 · Tidak Suka · 1
Arif Roby Ismanto yup sepakat kata pak Isnaini Shaleh contreng Expand
Kemarin jam 11:24 · Tidak Suka · 1
Sungkowo Astro Sudah saya ikuti saran Panjenengan, namun ternyata, tetap muncul dobel posting, Pak. Bahkan, ketika saya ganti template pun, dobel posting masih muncul. Terima kasih segala atensi Panjenengan terhadap ketidaktahuan saya ini. Selamat malam.
Kemarin jam 22:56 · Suka
Yati Kurniawati Yap Kebetulan saya pernah mengalami pak, ganti template memang nggak menyelesaikan masalah, karena tetap akan dobel posting. Kalau punya saya kemarin labelnya 1 dan 11, saya gunakan fasilitas find untuk menemukan semua yang berlabel 11 dan menghapusnya, karena yang 11 bawaannya blogspot, yang 1 bawaannya template baru.
22 jam yang lalu melalui seluler · Tidak Suka · 2
Arif Roby Ismanto sekarang sudah bisa tuh pak blognya... http://sungkowoastro.blogspot.com/
sungkowoastro.blogspot.com
7 jam yang lalu · Suka
Arif Roby Ismanto sudah tidak double post lago pak Sungkowo Astro, Ibu Yati Kurniawati Yap dan pak Agung Sulistyo. Bersama kita bisa. go bloger guru Indonesia
6 jam yang lalu · Tidak Suka · 2
6 jam yang lalu melalui seluler · Tidak Suka · 1
 
 
Sungkowo Astro Terima kasih, Pak Arif dan teman-teman, yang begitu penuh perhatian.
sekitar sejam yang lalu ·
 
Budi Santosa Pak Sungkowo Astro, blognya jadi tambah keren pak.. saya gak ngerti blogspot.. jadi hanya bisa menikmati
4 menit yang lalu ·
 
Sungkowo Astro Terima kasih, Pak Bud.
beberapa detik yang lalu ·
 
Sungkowo Astro Oh, ya, itu atas bantuan teman-teman.
2 detik yang lalu ·

“Sakit” yang saya rasakan dirasakan oleh teman-teman juga. Buktinya, teman-teman segera mau berbagi pengetahuan. Menyempatkan memberi nasihat/saran.Yang, tentu membutuhkan pengorbanan, baik waktu, tenaga, maupun pikiran, dan lainnya. Oleh bantuan teman-teman, terutama Pak Arif Roby Ismanto, blog ini menjadi tampil lebih sempurna. Teman-teman tidak merasa bosan terhadap apa yang saya keluhkan. Itu yang membanggakan saya. Begitu cepat ditanggapi secara hangat. Saya merasa terlindungi, terperhatikan. Dan, itu yang menjadikan saya bersemangat lagi untuk beraktivitas ngeblog. Ya berkat kepedulian teman-teman, khususnya, komunitas Blogger Guru Indonesia, saya tidak merasa prustasi (lagi). Terima teman-teman. Salam Blooger Guru Indonesia!

2 komentar:

""