Sabtu, 28 April 2012

Jumat, Hari Olahraga


Guru dan karyawan melakukan senan pagi di halaman sekolah
Demi menjaga stamina tubuh tetap bugar, karyawan di instansi di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng), setiap Jumat pagi, mengadakan kegiatan olahraga. Guru dan karyawan SMP 1 Jati pun tidak mau ketinggalan. Olahraga senam menjadi favoritnya. Setiap Jumat pagi, sebelum jam pembelajaran berlangsung, guru dan karyawan sudah berada di lapangan untuk bersenam pagi. Tidak ada instruktur khusus. Sebab, guru-guru dan semua karyawan (terutama pegawai tata usaha) sudah terbiasa senam.

Senam dimulai pukul 06.30 WIB dilanjutkan sampai jam pertama pembelajaran. Di samping waktu itu digunakan untuk senam guru dan karyawan, juga senam anak-anak. Kurang lebih setengah jam pertama untuk senam guru dan karyawan, setengah jam kedua untuk senam anak-anak. Hanya, memang, kalau guru dan karyawan setiap Jumat bisa melakukan senam, tidak demikian dengan anak. Anak-anak yang jumlahnya realtif banyak itu dibagi per kelas. Jumat ini, misalnya, untuk kelas VII; Jumat berikutnya kelas VIII; Jumat berikutnya lagi kelas IX. 

Para siswa kelas VII melakukan senam pagi di halaman sekolah
Kalau untuk guru dan karyawan ketika senam mengenakan seragam olahraga, tidak demikian dengan anak-anak. Anak-anak yang kebetulan memperoleh jatah senam, mereka bersenam cukup mengenakan pakaian seragam harian, tidak olahraga, kecuali anak-anak yang memang hari itu ada jam pembelajaran olahraga di awal jam.
Karenanya, hampir dapat dipastikan, setiap Jumat, jika tidak ada acara khusus, semua guru dan karyawan mengenakan pakaian olahraga. Senam yang memakan waktu kurang lebih 45 menit itu cukup memberi kesegaran. Keringat dapat keluar, dan menjadikan tubuh terasa segar. Sehabis senam, ada beberapa waktu untuk melepas lelah dan mengeringkan keringat, lantas mempersiapkan diri beraktivitas sesuai dengan tugas masing-masing. Guru-guru mengajar, anak-anak belajar.

2 komentar:

  1. semangat...sehat dan bugar

    BalasHapus
  2. Benar itu. Ayo terus senam secara rutin!

    BalasHapus

""