Minggu, 03 Juni 2012

Direncanakan Online, PPDB 2012/2013 di Kudus

Gambar dari skbbjm.blogspot.com

Beberapa waktu lalu Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng), telah mengadakan ujicoba pendaftaran peserta didik baru (PPDB) secara online, khusus untuk tingkat SMP dan SMA. Dan, hasilnya tampaknya cukup menggembirakan. Sehingga boleh jadi tahun ajaran 2012/2013 pelayanan PPDB secara online dapat dilakukan. Karena itu, panitia PPDB tingkat Disdikpora Kudus memfasilitasinya dengan cara membuka web khusus untuk PPDB 2012/2013, dengan alamat http://disdikpora.kuduskab.go.id/ppdb-online

Masyarakat dapat memanfaatkan web tersebut untuk melakukan pendaftaran. Oleh karena itu,  seyogyanya masyarakat sudah dapat menggunakan perangkat internet. Dengan begitu, cara baru tersebut dapat dilakukan dengan baik. Lebih praktis, karena masyarakat tidak perlu ke sana ke mari. Cukup mengisi formulir yang disediakan di web tersebut, lantas diprint, dan selanjutnya dilengkapi dengan berkas-berkas yang dipersyaratkan, kemudian dibawa ke sekolah pilihan untuk dioleh. Setelah itu, masyarakat tinggal memantau jurnal harian (memuat peringkat pendaftar) hingga hasil pengumuman lewat internet, yang dapat dilakukan di mana saja, asal ada jaringan internet. Tidak perlu datang ke sekolah.
Untuk melayani kebutuhan masyarakat lebih mudah lagi, Disdikpora Kudus menyediakan tiga pilihan sekolah, yakni pilihan 1, 2, dan 3. Logikanya, jika anak tidak diterima di sekolah pilihan 1, tentu anak tersebut masih memiliki peluang diterima di sekolah pilihan 2 atau 3. Dan, tentu saja pemantauannya dapat dilakukan melalui internet sehingga tidak memerlukan aktivitas seperti yang dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya. Misalnya, oleh karena tidak diterima di sekolah tertentu, anak harus mencabut berkasnya, lalu dibawa ke sekolah berikutnya. Yang, harus dibawanya dengan secepat-cepatnya karena waktu terbatas. Pemandangan seperti itu tentu tidak akan terlihat lagi di tahun ajaran ini.
Untuk mendukung lancarnya pelaksanaan PPDB cara baru itu, tentu dibutuhkan kerjasama yang baik antara masyarakat (orang tua/wali murid) dan sekolah (terutama sekolah asal). Jika orang tua dan anak (terutama yang lulus SD/SMP) belum dapat memanfaatkan internet, sekolah asal perlu memberi bantuan (untuk mengerti) agar orang tua dan anak-anak dapat mengikuti cara tersebut. Barangkali anak-anak dan orang tua/wali murid yang berdomisili di kota, yang sudah terbiasa memanfaatkan perangkat tersebut, tidak mengalami persoalan. Tetapi, bagi mereka yang berada jauh dari kota dan belum pernah mengenal perangkat tersebut, tentu mengharapkan bantuan.

PPDB 2012/2013 secara online diberlakukan untuk 25 SMP (termasuk SMP Satu Atap Gebog dan Undaan) dan lima SMA, yang berada di Kudus. Hanya, hingga tulisan ini dipublikasikan belum diketahui kapan dimulainya PPDB secara online tersebut.

10 komentar:

  1. untuk PPDB SMA Kapan dimulai ya..??

    BalasHapus
  2. Untuk yang satu itu (kapan mulainya), hingga satu hari setelah tulisan ini dipublikasikan (4/6/2012), belum juga diketahui. Maaf!

    BalasHapus
  3. maaf,kapan ya ppdb online nya dimulai ?? kata guru saya kog udah bisa di mulai ??? tolong kejelasannya . . . trimakasiih ..

    BalasHapus
  4. PPDB online, sejauh informasi yang baru saya dapatkan hari ini, Sabtu (9/6, baru akan dimulai 28 Juni 2012. Untuk ujicoba kedua, menurut informasi yang saya dapatkan, akan diadakan 11-12 Juni. selamat mengikuti PPDB online, semoga mendapatkan sekolah sesuai harapan.... Terima kasih.

    BalasHapus
  5. jadi sistemnya seperti SIPMB ya, Pak...
    mantabs,... memanfaatkan tekhnologi untuk pendidikan..

    BalasHapus
  6. Positifny kapan ya PPDB onlinenya dmulai?

    BalasHapus
  7. berarti ini baru uji coba, blum daftar sebenarnya? terus pandaftaran sebenarnya baru dimulai tanggal 28 juni atau gimanakah? dan bagi yang sudah uji coba untuk mendaftar itu apakah berkasnya udah bisa langsug diserahkan pada panitia atau gimana? tolong jelaskan . terimakasih...

    BalasHapus
  8. Untuk anonim:
    Mengenai waktu, baik uji coba kedua maupun mulai pendaftaran, informasi yang saya dapatkan (memang) seperti yang ditulis di atas. Perihal penyerahan berkas, apakah bisa atau tidak bisa langsung diserahkan kepada panitia sehabis uji coba itu, barangkali perlu (lebih jauh) ditanyakan kepada disdikpora setempat. Terima kasih.

    BalasHapus
  9. Maaf, bagaimana dengan tingkat transparansinya, misal siswa "A" pandai dan siswa "B" tdk pandai tapi punya "memo atau surat rekomendasi" dari suatu institusi/oknum ?
    Kami sebagai orang tua murid mohon agar PPDB 2012 ini sangat transparan dan tidak dikotori dengan hal-hal yang akan membuat PPDB 2013 lebih kotor lagi.

    BalasHapus
  10. Kita tentu berkehendak semuanya berjalan dengan transparan. Dengan demikian, semua anggota masyarakat, dari kelas masyarakat manapun, memiliki akses yang sama. Terima kasih.

    BalasHapus

""