Sabtu, 16 Juni 2012

Pasti, PPDB Online SMP/SMA Kudus Dimulai 18 Juni 2012 (SMP/SMA Terdekat Perlu Memfasilitasi Masyarakat)


Gambar diambil dari ppdbkotabandung.web.id
Penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara online, yang diberlakukan untuk SMP dan SMA negeri (termasuk SMP Satu Atap Gebog dan Undaan) se-Kabupaten Kudus dimulai Senin (18/6) hingga Jumat (29/6) 2012. Untuk mengetahui tata caranya dapat membuka http://disdikpora.kuduskab.go.id/ppdb-online/

Demi memberi kemudahan bagi masyarakat konsumen pendidikan, sekolah-sekolah, dalam hal ini SMP/SMA terdekat (terjangkau) masyarakat, dianjurkan memfasilitasi perangkat komputer terkoneksi internet. Dengan demikian masyarakat akan terbantu. Bahkan, jika dijumpai masyarakat, baik calon peserta didik baru (CPDB) dan atau orang tua, yang kurang menguasai pengoperasian komputer terkoneksi internet perlu diberi bantuan secara maksimal. Sehingga CPDB dan atau orang tua tidak merasa terbeban. Mereka tetap merasa tenang dan senang karena ada bantuan. Bukankah ini sekaligus memberi pembelajaran kepada masyarakat agar tidak gagap teknologi (gaptek)?
Lebih-lebih masyarakat yang memang belum memiliki perangkat tersebut. Mereka tentu sangat terbantu. Karena mereka dapat memanfaatkan fasilitas yang disediakan sekolah. Sekolah dengan demikian harus menata lokasinya, jumlah perangkatnya, dan pengaturannya dengan secermat-cermatnya agar tidak terjadi desak-desakan jika ada banyak CPDB yang mendaftar. Di samping karena ini cara baru, barangkali juga sebagian besar masyarakat memang belum memiliki perangkat tersebut. Mengingat masyarakat konsumen pendidikan sebarannya sampai ke desa-desa.
Masyarakat yang sudah memiliki perangkat tersebut di rumah tentu saja dapat memanfaatkannya dengan lebih enjoy karena begitu leluasa dan kapan saja, tak perlu berdesak-desakan. Hanya memang, seberapa banyak server dan besar bandwidth yang tersedia akan sangat berpengaruh. Kalau saat-saat banyak pemakai tentu aksesnya akan sangat berat, yang pasti berbeda dengan ketika tidak banyak yang mengakses. Tetapi, hal itu tentu saja sudah diantisipasi oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus, selaku fasilitator utama PPDB Online ini.

Barangkali masyarakat juga dapat memanfaatkan jasa warung internet (warnet) untuk mengikuti PPDB ini. Tentu saja masyarakat (CPDB atau orang tua) yang memang sudah menguasai penggunaan internet. Adanya warnet yang sebarannya sampai ke pelosok-pelosok gang/kampung dapat memudahkan masyarakat yang belum memiliki jaringan internet di rumah, yang juga jauh dari sekolah. Apalagi di warnet umumnya juga menyediakan jasa printer sehingga memudahkan masyarakat yang memanfaatkan.

Dengan demikian, masyarakat tidak perlu merasa khawatir sekalipun ini cara baru. Masyarakat akan dapat terlayani dengan baik (dalam masa PPDB ini) manakala mau berusaha. Meminta bantuan kepada tetangga, anggota masyarakat lain yang sudah menguasai penggunaan internet, dan meminta bantuan sekolah. Kerjasama yang baik dari semua pihak akan sangat mendukung kesuksesan PPDB Online, yang baru  kali pertama dilaksanakan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng) ini. Selamat mengikuti PPDB Online, semoga sukses!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

""