Sabtu, 21 Juli 2012

Gazebo, Tempat Belajar Kelompok yang Nyaman


ASYIK, belajar bersama di gazebo di halaman sekolah
Barangkali kalau belajar kelompok di rumah teman sehabis pulang sekolah, kurang efektif, sehingga beberapa anak masih berada di gazebo di halaman sekolah belajar bersama. Mereka masih masih berseragam putih biru. Lengkap bertas dan bersepatu. Karena memang mereka belum pulang. Entah sudah memberitahu orang tua atau belum. Yang jelas mereka terlihat asyik belajar. Lesehan di lantai gazebo. Mengelilingi buku dan laptop.

Gazebo menjadi pilihan satu-satunya tempat untuk belajar bersama. Karena tidak mungkin mereka belajar di ruang kelas. Karena begitu jam pulang dan anak-anak sudah keluar, semua pintu kelas ditutup. Toh, kalaupun ruang kelas terbuka, rasanya mereka tetap memilih gazebo untuk tempat belajar. Bangunan panggung mungil tanpa dinding itu tentu lebih menawarkan kenyamanan. Berada di halaman sekolah sangat terbuka terhadap sirkulasi udara. Pandangan juga terbuka. Apalagi jam-jam pulang sekolah, suasana sudah sepi. Cukup mendukung untuk menyelesaikan tugas bersama beberapa waktu sebelum pulang.

Pada jam-jam belajar pun sering dua gazebo yang diletakkan agak berjauhan itu dimanfaatkan anak-anak untuk tempat mengerjakan tugas ketika anak-anak belajar di luar kelas. Bahkan karena jumlahnya hanya dua, acap kali menjadi rebutan. Tentu saja karena belajar di gazebo, terutama saat mengerjakan tugas kelompok, lebih menawarkan suasana santai, segar, dan menyenangkan. Dekat dengan alam di luar kelas. Tidak dibatasi oleh dinding-dinding.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

""