Senin, 24 Desember 2012

Memberi Ruang bagi Ego Si Kecil?



IKUT-IKUTAN: Si kecil ikut-ikutan kakaknya mencuci sepatu.
Ketika kita (yang lebih dewasa) sedang membaca koran di dekat si kecil yang sedang beraktivitas, misalnya, kadang dalam beberapa detik ke depan si kecil memberi reaksi. Reaksi yang umumnya disampaikan terkait dengan yang berada di koran itu. Misalnya, ingin dibacakan tulisan ini atau itu, ingin diajari menulis seperti kata ini atau itu, ingin diceritakan gambar yang dilihatnya, dan sebagainya.
Kenyataan itu sering kita rasakan mengganggu. Betapa tidak, sedang enak-enaknya membaca tiba-tiba harus berhenti. Pada titik ini boleh jadi muncul dua kemungkinan. Pertama, menjelaskan kepada si kecil agar tetap melakukan aktivitasnya. Kedua, menanggapi si kecil yang sedang membangun komunikasi dengan melayani apa yang dia ingini.
Memilih kemungkinan yang pertama barangkali boleh dikatakan kita mementingkan ego sendiri. Karena mencari alasan dan menyampaikannya secara halus kepada si kecil agar kita dapat melanjutkan membaca. Yang terjadi mungkin si kecil mau kembali pada aktivitasnya secara suka cita, tetapi bukan mustahil si kecil merasa “disakiti” lalu menangis karena keinginannya tidak terlayani.
Memilih kemungkinan yang kedua boleh dibilang memberi ruang bagi ego si kecil. Mengalihkan aktivitas baca kita pada aktivitas yang dinginkan si kecil. Keinginan si kecil akhirnya terpenuhi. Dan, bukan mustahil upaya ini akan mampu melecitkan potensi si kecil.
Persoalannya kita mau memilih yang mana, mementingkan ego sendiri atau memberi ruang bagi ego si kecil? Kenyataan yang akan senantiasa kita hadapi manakala kita beraktivitas apa pun di sekitar si kecil. Tidak hanya membaca koran. Mencuci piring, menulis di komputer/laptop, menanam tumbuhan, memberi makan ikan di kolam, atau lain-lain aktivitas yang dilihat si kecil  akan menarik perhatiannya, yang boleh jadi lantas memancing egonya.

2 komentar:

  1. sepertinya sepele, tp...
    hemm pasti susah..
    Bagus bgt pak

    BalasHapus
  2. Benar demikian, Mas yozz. Salam.

    BalasHapus

""