Kamis, 10 Januari 2013

Disdikpora Kudus Sosialisasi PK dan PKB Guru


BERAKSI: salah satu fasilitator sedang menyampaikan materi.

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus mengadakan sosialisasi penilaian kinerja (PK) dan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) guru. Kegiatan tersebut dilasanakan di dua tempat yang berbeda. Kelas A, yang terdiri atas  36 guru sekolah dasar (SD) bertempat di SMP 1 Kudus, Jalan Sunan Muria. Sedangkan Kelas B, yang terdiri atas guru SMP, SMA, dan SMK sejumlah 37 orang bertempat di SMA 1 Kudus, Jalan Pramuka.

Sosialisasinya dimulai Rabu (9/1) sampai dengan Jumat (11/1) dengan fasilitator para pengawas sekolah, baik Pengawas SMP, SMA, maupun SMK, yakni Drs. Aswotono, M.Pd, Drs. Achmad Junaedi, M.Pd, Drs. Marwoto, Dra. Sutarsih, M.Ed, dan Dra. Yuli R., M.Pd. Karena harus mengampu di dua tempat, maka para fasilitator sehabis memfasilitasi di Kelas A pindah ke Kelas B dan demikian sebaliknya. Dengan demikian, penyampaian materi sosialisasi kurang urut, seperti yang diakui oleh salah satu fasilitator.

Meski demikian, materi relatif dapat dimengerti oleh peserta. Bahkan, melalui tanya jawab di salah satu sesi semakin mempertajam pengertian peserta. Secara umum, peserta antusias mengikuti sebab mereka memiliki tanggung jawab untuk menyosialisasikan hal tersebut kepada teman guru di sekolah asal. Dengan demikian, harapannya dalam waktu dekat semua guru di Kabupaten Kudus mengetahui apa pentingnya PK dan PKB Guru terkait dengan profesinya sebagai pengawal peserta didik, generasi muda bangsa. Seperti, yang diamanatkan dalam Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Apalagi dalam Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor: 03/V/PB/2010 Nomor: 14 Tahun 2010 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, pada Pasal 42 dinyatakan bahwa Peraturan Bersama ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan dan berlaku efektif pada tanggal 1 Januari 2013.

Sosialisasi PK dan PKB Guru yang dilaksanakan Disdikpora Kabupaten Kudus dengan demikian boleh dibilang terlambat. Akan tetapi, masih beruntung karena masih disosialisasikan. Bagaimana kalau tidak disosialisasikan, tiba-tiba diadakan PK dan PKB Guru?

Guru-guru yang mendapat tugas dari sekolah mengikuti sosialisasi tentu saja tak bisa tenang-tenang. Sehabis mengikuti sosialisasi tingkat kabupaten ini sesegera mungkin berbagi kepada rekan sejawat di sekolah. Selamat berbagi dan sukses!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

""