Senin, 28 Januari 2013

Penyerahan Piala Kemenangan pada Sekolah



MENERIMA: Kepala SMP 1 Jati, Purwanto, S.Pd., menerima piala dari siswa pemenang lomba.
Untuk meraih kemenangan dalam lomba perlu perjuangan. Tidak hanya perjuangan fisik, misalnya menguasai materi, belajar berulang-ulang, meluangkan waktu dan tenaga khusus untuk berlatih, tetapi juga psikis, misalnya membangun kepercayaan diri, keberanian, tanggung jawab, dan menegakkan mental. Pada tahap ini memang dibutuhkan kesetiaan, kesabaran, ketekunan, ketahanan terhadap kritikan, dan kerendahan hati menerima masukan. 
Akan tetapi, perjuangan yang membutuhkan banyak pengorbanan itu akan terobati manakala menerima penghargaan. Semua kelelahan, baik fisik maupun psikis, segera hilang dan berganti dengan kegembiraan yang luar biasa. Dan semakin melengkapi kegembiraan ketika sebagai pemenang disambut oleh banyak orang dan mengelu-elukannya.
Itulah yang terlihat di wajah dua peserta didik yang memperoleh kemenangan dalam lomba, yang penghargaannya (pialanya) diserahkan pada sekolah tadi pagi, Senin (28/1) saat Upacara Bendera. Hal itu sudah menjadi tradisi di setiap Upacara Bendera hari Senin di SMP 1 Jati, Kudus jika ada peserta didik meraih kejuaraan lomba. 
Penyerahannya  dilakukan di tengah-tengah lapangan upacara agar dapat dilihat oleh seluruh guru dan peserta didik lain. Hal itu dimaksudkan tidak hanya untuk memberikan penghormatan kepada pemenang, tetapi juga memotivasi peserta didik lain agar terlecut melakukan hal yang sama. Kedua jawara mendapat sambutan meriah dari seluruh guru dan peserta didik yang mengikuti upacara.
Sifa, pemenang kedua lomba mendongeng tingkat SMP/MTs se-Kabupaten Kudus 2013, masih duduk di kelas VII. Ini kemenangan kali pertama yang diraih Sifa. Mendongeng (menggunakan bahasa Jawa) cenderung “dijauhi” anak-anak karena penguasaan bahasa Jawa kurang. Mereka lebih memilih bahasa Indonesia untuk berbicara sehari-hari. Pengakuan Sifa, kepiawaiannya dalam mendongeng ternyata diturunkan dari ibunya. Waktu ibunya masih SD pernah mengikuti lomba mendongeng, Pengalaman itulah yang diturunkan kepada Sifa. Bu Dra. Sri Isnaini dan Bu Lukluk A., S.Pd., selaku guru mata pelajaran (mapel) Basa Jawa, pun turut memberi bimbingan.

Sementara itu, Zainuddin, pemenang ketiga lomba qiroah tingkat SMP/MTs se-Kabupaten Kudus 2013 duduk di kelas IX. Ia telah berlangganan menjadi juara qiroah, baik tingkat Kabupaten Kudus maupun se-eks-Karesidenan Pati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

""