Minggu, 05 Mei 2013

Tiga SMA Favorit di Kudus Bareng Gelar Tes Seleksi PPDB 2013/2014



ANTRE: Suasana verifikasi data PPDB di salah satu SMA negeri di Kudus
Mulai Senin (6/5), tiga SMA favorit di Kudus (SMA 1 Kudus, SMA 2 Kudus, dan SMA 1 Bae) menggelar tes seleksi penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2013/2014. Ketiga SMA tersebut hendak menjaring peserta didik yang berprestasi. Karenanya, calon peserta didik baru (CPDB) yang mendaftar ke SMA tersebut dipersyaratkan dengan batas tertentu rata-rata nilai rapor dari semester  satu (atau tiga) sampai lima. Batas (tertentu) rata-rata nilai rapor tersebut berbeda antara satu SMA dengan SMA lain.

Dengan demikian, hanya peserta didik kelas IX (SMP) yang memenuhi syarat itu yang dapat mendaftar. Mereka pun harus berjuang dalam tes seleksi. Tes seleksi di ketiga SMA tersebut, diawali dengan tes tertulis. Tes tertulis meliputi mata pelajaran (mapel) tertentu, misalnya Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, Bahasa Inggris, dan IPS. Setelahnya, ada tes wawancara dan atau psikologi.

Tes seleksi tersebut hanya untuk menjaring peserta didik dalam tiga rombongan belajar (rombel). SMA 2 Kudus, misalnya, menjaring 72 CPDB untuk menempati tiga rombel (kelas). SMA 1 Kudus dan SMA 1 Bae masing-masing menjaring 96 CPDB, untuk tiga kelas.
Beberapa CPDB mempersiapkan verifikasi data di luar ruang verifikasi.

Dalam seleksi khusus ini, CPDB hanya dapat menyertakan piagam penghargaan prestasi akademik. Piagam penghargaan prestasi nonakademik tidak dapat disertakan. Bahkan, ada SMA yang berani menjamin CPDB berprestasi akademik langsung dapat diterima, tidak perlu melalui tes seleksi  tertulis.

Untuk membedakan dengan seleksi CPDB rombel reguler, dalam seleksi khusus ini ada SMA yang menggunakan sebutan “Program Kelas Unggulan” maupun “PPDB Jalur Prestasi”. Karena ketiga SMA itu masing-masing hanya menjaring tiga rombel lewat seleksi khusus ini, dipastikan masih banyak rombel regular yang dibutuhkan. SMA 1 Kudus, misalnya, masih ada tujuh rombel regular, demikian juga SMA 1 Bae ada tujuh kelas regular. Untuk pendaftaran rombel regular ini masih menunggu informasi lebih lanjut.

Selamat dan sukses CPDB yang besok (Senin, 6/5) mulai mengikuti seleksi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

""