Sabtu, 10 September 2016

LCC SMP Kabupaten Kudus Segera Digelar

BELAJAR: Anak-anak sedang bejar di ruang kelas.
Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus hendak menggelar lomba cerdas cermat (LCC) tingkat SMP Se-Kabupaten Kudus. Baik untuk SMP negeri maupun swasta. Seperti tahun-tahun sebelumnya, tidak semua SMP mengikuti. Hal ini terjadi karena ada sekolah-sekolah yang memiliki keterbatasan sehingga tidak mengikutinya.

Kegiatan LCC  diselenggarakan Selasa (20/9) bertempat di lingkungan kantor Disdikpora Kabupaten Kudus. LCC yang diprakarsai oleh musyawarah kerja kepala sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Kudus ini meliputi lima bidang pengetahuan, yakni bidang Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, Matematika, dan pengetahuan umum.

Tahun-tahun yang lalu pelaksanaannya dilakukan dua tahap. Tahap pertama, tes tulis. Setiap regu/kelompok (tiga anak) diberi soal dan harus dikerjakan. Soalnya berbentuk pilihan ganda. Di tahap pertama ini, ditentukan tiga regu/kelompok terbaik. Dan, tiga regu/kelompok terbaik inilah yang masuk ke tahap kedua. Tahap kedua, tahap final. Dalam tahap final, ketiga regu/kelompok terbaik diberi soal secara lisan dan dijawab secara lisan juga. Ada soal wajib, soal lemparan, dan soal rebutan.

Pelaksanaan LCC ini sebagai program tahunan untuk menjaring anak-anak berprestasi. Anak-anak yang berprestasi tersebut diberi ruang khusus untuk terus dibina. Karena bukan mustahil, setelah even di tingkat kabupaten, mereka harus berjuang di tingkat yang lebih tinggi, provinsi dan nasional. Dan, dari anak-anak inilah bangsa ini berharap untuk ke depan lebih maju dan siap berkompetisi dengan bangsa lain.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

""